IAII DPW Sumbar Dukung Gerakan Anti Hoax

Padang, 29 Maret 2017 – Organisasi Profesi Ikatan Ahli Informatika Indoensia DPP Wilayah Sumbar mendapat kehormatan di undang guna menghadiri kegiatan Pencanangan Deklarasi Gerakan Anti Hoax serta Launching Portal Layanan Publik Propinsi Sumatera. Undangan yang ditandatangani oleh Gubernur Sumatera Barat tersebut disampaikan oleh Dinas Kominfo Sumbar di terima sekretariat IAII pada hari Senin, 27 Maret 2017.

Hoax sebagai sebuah istilah yang populer akhir-akhir ini, mengandung makna sesuatu yang tidak benar, menipu bahkan ada unsur mempengaruhi psikologis sehingga memicu yang menerimanya untuk menyebarkan berita tersebut ke yang lain tanpa melakukan cross cek terlebih dahulu, sehingga mejadi viral dan dapat mengakibatkan efek negatif. Kemajuan teknologi informasi, seperti media sosial saat ini, menjadi lahan utama dalam penyebaran berita hoax ini. Oleh karena itu, perlu upaya-upaya pendeteksian dan kontrol diri  agar terhindar dari korban hoax ini.

Untuk itu, IAII sebagai salah satu wadah diskusi dalam bidang informatika sangat mendukung upaya-upaya positif untuk melawan hoax, karena tanpa disadari ternyata efek hoax ini bisa mengganggu kenyamanan dan keamanan banyak orang, bahkan negarapun dapat terganggu akibat tersebarnya berita bohong yang dikaitkan dengan pimpinan negara tersebut.

Berdasarkan hal itu pulalah, Pemprov Sumbar melalui Dinas Kominfo mengangkat kegiatan pencanangan anti hoax ini dengan harapan masyarakat semakin melek dengan sisi positif  dan mampu mengedukasi diri dalam memahami berita hoax sehingga dapat terhindar dari sisi negatifnya.

Kegiatan pencanangan anti hoax ini dihadiri oleh berbagai unsur pemerintah, Dinas Kominfo se Sumatera Barat, pelajar, UKM dan masyarakat umum turut juga menandatangani sebagai bentuk komitmen anti hoax.

IAII hadir dalam kegiatan tersebut membuktikan dukungan penuh terhadap program gerakan anti hoax ini, tentunya dengan harapan, gerakan ini tidak sebatas seremonial, namun ada follow up secara real dan dilakukan secara kontinue, kalau perlu IAII siap menjadi duta anti Hoax di Sumatera Barat, agar gerakan ini terus berjalan dan menyentuh semua kalangan.

Selamat untuk pemprov dan Kominfo Sumbar, dan kam mengucapkan terima kasih atas undangannya. Semoga TI mampu menjadi alat yang membawa kesejahteraan untuk masyarakat, bukan sebaliknya (Yuhefizar).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven − 3 =