Pengurus DPW IAII Sumbar Dilantik

PADANG – Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah Ikatan Ahli Informatika Indonesia (DPW IAII) Sumatera Barat dilantik. Pelantikan dilakukan oleh Ketua Umum IAII Pusat, Dr.Bambang Hariyanto, MT di aula STMIK Jayanusa, Sabtu (8/4).

Sumbar merupakan daerah ke tujuh yang membentuk IAII. Ketua DPW IAII Sumbar, Dr.Yuhefizar MKom, mengatakan, beberapa program ke depan di antaranya membuat jurnal nasional dan internasional IAII yang akan dikelola IAII Sumbar. Selanjutnya, mengadakan workshop tentang Internet of Things (IOTs) dan lainnya.

IAII adalah organisasi profesi yang bertujuan meningkatkan kualitas teknologi informasi di Indonesia, melindungi masyarakat dari praktek buruk layanan ahli informatika, meningkatkan kemakmuran, martabat, kehormatan dan peran ahli informatika Indonesia dalam rangka mencapai tujuan NKRI seperti yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945.

Bersamaan dengan acara pelantikan pengurus DPW IAII Sumbar tersebut, juga diadakan seminar nasional bertemakan “Peran Internet of Things Dalam Mewujudkan Smart City dan Peningkatan Ekonomi Digital”. Seminar menghadirkan nara sumber, Prof. Dr. Ganefri, MT (Rektor UNP) digantikan oleh Dr. Dedi Irfan, M.Kom, Dr. Bambang Hariyanto, MT (Ketum IAII) dan Davy Eldi (Senior expert Smart City Nusantara Divisi Local Goverment Service  PT. Telkom).

Pada kesempatan yang sama di-launching Jurnal Nasional dan Internasional IAII serta penandatanganan kerjasama antara IAII dengan beberapa perguruan tinggi dalam bentuk Center of Excellent pada bidang ilmu informatika.

“Diharapkan IAII sebagai organisasi profesi memberikan peran positif terhadap kemajuan perguruan tinggi di bidang ke-informatika-an,” kata Yuhefizar.

Sementara, Direktur Manajemen Keanggotaan IAII Pusat, Ir Siswanto MM, mendorong IAII Sumbar untuk membuat gebrakan yang belum dilakukan IAII daerah lainnya. “Kalau bisa, IAII Sumbar bisa memberi nilai-nilai positif bagi masyarakat dalam hal penggunaan IT. Masyarakat harus menggunakan IT sesuai kebutuhannya. Bahkan, IT jika dimanfaatkan bisa jadi sarana untuk meningkatkan pendapatan mereka,” ujarnya. (rin)

Sumber : padangmedia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 4 =